Tahukah Anda Kenapa Headphone Berbahaya untuk Pendengaran?

Menggunakan headphone, headset atau earphone saat berkomunikasi via telepon, mendengarkan musik, dan lainnya memang bermanfaat. Karena Anda bisa fokus mendengarkan suara tanpa terganggu dengan suara disekitar, terlebih bila Anda berada di lingkungan bising. Namun sayangnya, penggunaan headphone bisa memicu gangguan pendengaran.

Hal tersebut dibuktikan dengan catatan WHO atau World Health Organization, yang menuliskan sebanyak 1,1 miliar remaja dan dewasa di seluruh dunia mempunyai risiko terkena gangguan pendengaran yang disebabkan karena penggunaan perangkat audio tidak aman, misalnya suara bising klub malam, suara telepon pintar, dan lainnya.

Selain itu, dinyatakan pula sebanyak 43 juta penduduk di dunia, mulai dari usia 12 sampai 35 tahun mengalami gangguan pendengaran. Sebanyak 50% dari jumlah tersebut diakibatkan karena mendengarkan audio dari perangkat pribadi dengan volume yang tinggi. 

WHO juga telah menerbitkan laporan baru, Make Listening Safe untuk membantu Anda dalam menghindari gangguan pendengaran yang disebabkan karena kebisingan.

Lalu bagaimana cara untuk menjaga keamanan pendengaran? Apa yang harus dilakukan agar pendengaran kita terlindungi dan bisa mendengarkan suara dengan optimal? Bahaya apa sajakah yang disebabkan dari penggunaan headphone? Apa tips menggunakan headphone dengan aman?

Banyak pertanyaan tentang hubungan headphone dan gangguan pendengaran yang belum terjawab. Jangan khawatir, kami telah merangkumnya untuk Anda. Simak artikel ini sampai habis ya!

Efek Penggunaan Headphone Bagi Kesehatan

Source: freepik.com

Penggunaan headphone bukan hanya menyebabkan gangguan pendengaran, melainkan efeknya buruk bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut:

1. Infeksi Telinga

Penggunaan headphone memungkinkan penyebaran bakteri atau kuman masuk ke dalam telinga dan menyebabkan infeksi telinga. Namun sebagian orang menghiraukan hal tersebut dan membiarkan bakteri berkembang biak di headphone dengan mudah. Terlebih jika headphone sering dipinjamkan ke orang lain, tentunya hal tersebut bisa menularkan bakteri.

Oleh sebab itu, Anda harus merawat headphone dengan benar dan rajin membersihkannya. Minimal ganti bantal headset setiap 6 bulan sekali untuk mengurangi penyebaran bakteri.

2. Kehilangan Pendengaran Permanen

Gangguan pendengaran dapat terjadi akibat penggunaan headphone yang terlalu lama dan volume tinggi. Bahkan, hal tersebut bisa menyebabkan kehilangan pendengaran secara permanen. Karena paparan suara keras yang terjadi berulang kali menyebabkan kerusakan di telinga bagian dalam. Oleh sebab itu, kurangi penggunaan headphone agar pendengaran tetap terjaga.

3. Kelelahan Pada Telinga

Kelelahan pada telinga akibat mendengarkan suara secara terus menerus dengan volume tinggi, membuat pendengaran Anda tidak nyaman bahkan sulit menangkap gelombang suara. Oleh sebab itu, Anda perlu beristirahat sejenak dan biarkan telinga tenang.

4. Dampak Buruk Pada Sistem Saraf Pusat 

Terdapat kondisi yang dikenal sebagai Electromagnetic Hypersensitivity Syndrome (EHS). Gejala yang biasa terjadi pada EHS termasuk pusing kepala, kesulitan berkonsentrasi, susah tidur, depresi, kurang berenergi, kelelahan dan seperti sedang flu. Hal ini seperti yang dilaporkan oleh European Academy for Environmental Medicine (EUROPAEM) bahwa group EMF (Electromagnetic Field) mendapatkan gejala EMF bervariasi antara 1.5%-13%. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi ini adalah lamanya paparan terhadap gelombang elektromagnetik. 

Tips Aman Menggunakan Headphone

Source: freepik.com

Pada umumnya, penggunaan headphone lebih aman dibandingkan earphone. Karena headphone dapat memblokir suara eksternal dengan baik. Meskipun begitu, Anda perlu mengetahui tips penggunaan headphone agar tidak merusak gangguan pendengaran, berikut beberapa tipsnya:

1. Mengatur Volume yang Aman

Ketika menggunakan headphone, Anda perlu mengatur volume yang aman dan tidak merusak telinga. Karena tingkat volume yang terlalu tinggi dapat membuat telinga Anda rusak. 

2. Perhatikan Durasi Pemakaian

Selain memperhatikan tingkat volume, Anda juga harus memperhatikan durasi pemakaian. Jangan biarkan telinga terpapar suara bising dalam waktu yang lama, karena hal tersebut dapat mengganggu pendengaran. Sebaiknya Anda tidak menggunakan headphone lebih dari satu jam dalam sehari. Penggunaan headphone saat tertidur juga berbahaya, karena membuat otak kurang beristirahat.  

3. Gunakan Headphone Peredam Bising

Gunakan headphone berkualitas, yang mampu meredam bising atau suara eksternal. Karena hal tersebut memungkinkan Anda untuk bisa mendengar suara handphone dengan volume yang rendah. Setidaknya hal tersebut mengurangi risiko terkena gangguan pendengaran.

4. Hentikan Pemakaian jika Pendengaran Terganggu

Ada beberapa gejala yang Anda rasakan sebagai tanda peringatan untuk menghentikan pemakaian headphone, diantaranya seperti telinga berdenging, pendengaran teredam dan sulit menangkap gelombang suara. Sebaiknya Anda menghentikan pemakaian headphone agar pendengaran kembali normal.

Itulah beberapa hal mengenai penggunaan headphone, mulai dari efek yang diakibatkan dan tips penggunaan headphone dengan aman. Mulai dari sekarang, Anda jangan lagi menganggap remeh penggunaan headphone, dan perhatikan penggunaan alat tersebut agar tidak merusak telinga.

Apabila Anda mengalami gejala gangguan pendengaran, segera diatasi agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah atau segera konsultasikan pada kami!

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT