Ini Penyebab Telinga Berdenging Beserta Pencegahannya

Hampir setiap orang mungkin pernah merasakan telinga berdenging. Kondisi tersebut tentu membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila kita mengetahui penyebab telinga berdenging beserta cara pencegahannya sejak dini, agar tidak menimbulkan efek yang lebih parah. 

Tinnitus atau telinga berdenging dapat terjadi karena beberapa penyebab. Kondisi tersebut bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari suatu masalah kesehatan. Dimana suara atau bunyi yang didengar bukan berasal dari dalam telinga, tetapi suara akibat adanya kelainan pada organ dalam telinga, seperti cedera, penurunan pendengaran karena faktor umur atau terdapat gangguan sistem sirkulasi darah.

Dilansir dari WebMd, tinnitus bisa terjadi pada siapa saja, biasanya pria lebih sering terkena dibandingkan wanita, terutama pada mereka yang berusia lanjut. Namun, apa sebenarnya yang menjadi penyebab telinga berdenging? Dan bagaimana cara pencegahannya?

Penyebab Telinga Berdenging

Mungkin Anda mengira bahwa telinga berdenging merupakan kondisi normal seiring bertambahnya usia, padahal masih banyak penyebab lainnya yang menyebabkan kondisi tersebut. Biasanya tinnitus disebabkan oleh kerusakan rambut kecil di telinga bagian dalam yang mengubah sinyal listrik ke otak untuk mendengar suara.

Source: freepik.com

Adapun beberapa penyebab telinga berdenging yang harus Anda ketahui diantaranya adalah:

  1. Faktor Usia: seiring bertambahnya usia, organ tubuh akan mengalami penurunan kinerja, salah satunya adalah indra pendengaran. Fungsi pendengaran mulai menurun pada usia 60 tahun. Penurunan kinerja tersebutlah yang membuat telinga berdenging dapat terjadi kapan saja. 
  2. Mendengarkan Suara Keras: adalah penyebab umum telinga berdenging yang sering terjadi. Karena, suara keras tersebut menyebabkan sel rambut di telinga bagian dalam atau koklea menjadi rusak, akibatnya pendengaran terganggu dan telinga berdenging. Kerusakan tersebut dapat bersifat sementara atau permanen. Biasanya, kondisi ini sering dialami oleh pekerja yang berada di lingkungan cukup bising, seperti pilot, tentara, musisi dan lainnya. 
  3. Terlalu Banyak Kotoran Telinga: kotoran telinga memang memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi liang telinga dan memperlambat pertumbuhan bakteri. Namun, Anda tidak boleh membiarkan kotoran tersebut menumpuk terlalu banyak. Karena dapat menyebabkan penyumbatan, bahkan iritasi pada gendang telinga. Efeknya, telinga akan berdenging dan pendengaran terganggu. 
  4. Efek Obat-obatan: beberapa resep obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping, salah satunya menyebabkan telinga berdenging. Beberapa obat tersebut diantaranya aspirin, diuretik, obat antiinflamasi, antibiotik, antidepresan, obat berbahan dasar kina dan obat kanker.  Semakin tinggi dosisnya, maka semakin besar efeknya terjadi. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda tentang pemilihan obat-obatan yang Anda konsumsi.
  5. Infeksi Telinga dan Sinus: apakah Anda pernah merasakan tinnitus ketika pilek? Hal tersebut bisa terjadi karena adanya infeksi telinga yang mempengaruhi pendengaran Anda serta meningkatkan tekanan pada sinus. Biasanya kondisi tersebut tidak bertahan lama, namun apabila tidak kunjung membaik sebaiknya Anda mengunjungi dokter.
  6. Masalah Pada Rahang atau Sendi Temporomandibular (TMJ): ini adalah sendi yang melekat di tulang tengkorak. Sendi ini memiliki fungsi untuk berbicara, menguap dan mengunyah. Apabila Anda merasakan sakit pada sendi ini, hal tersebut dapat mengganggu pendengaran dan membuat telinga berdenging.
  7. Tekanan Darah Tinggi: bisa menjadi penyebab telinga berdenging. Stress atau gaya hidup yang tidak sehat pun bisa menyebabkan masalah pada organ pendengaran seperti penurunan fungsi pendengaran. 
  8. Masalah Medis Lainnya: yang dapat menyebabkan telinga berdenging diantaranya, penyakit meniere, perubahan tulang telinga bagian dalam, aterosklerosis, tumor pada kepala atau leher, neuroma akustik, fibromyalgia dan penyakit Lyme.

Cara Mencegah Telinga Berdenging

Source: freepik.com

Sebelum mengalami kondisi telinga berdenging, ada baiknya Anda melakukan pencegahan terlebih dahulu. Berikut ini merupakan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah tinnitus, diantaranya adalah:

  1. Gunakan pelindung telinga ketika melakukan aktivitas di lingkungan yang bising, seperti konser musik, studio, ruang mesin, lapangan parkir bandara, dan tempat konstruksi bangunan.
  2. Jaga kesehatan pembuluh darah dengan rajin berolahraga, dan mengatur pola makan. Karena kuping berdengung dapat disebabkan dari gangguan pembuluh darah.
  3. Jangan sering menggunakan earphone untuk mendengarkan musik dengan volume yang maksima terlalu lama. Anda bisa membatasi penggunaan earphone dan mengatur volume kurang dari 60%.
  4. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa penyumbatan kotoran telinga membuat pendengaran terganggu. Oleh sebab itu, Anda harus rajin membersihkan telinga. Tapi jangan terlalu sering juga ya!
  5. Hindari stress. Cobalah pergi ke luar untuk me-refresh otak.
  6. Jangan mengkonsumsi obat-obatan, terlalu sering. Berkonsultasilah pada dokter sebelum memakainya. 

Setiap orang memiliki tingkat keparahan telinga berdenging yang berbeda-beda. Telinga berdenging jadi sangat berbahaya jika pasiennya merasa sangat terganggu, seperti mengalami depresi, emosi yang tidak stabil, kecemasan berlebihan, sulit tidur, perubahan suasana hati bahkan mempunyai pikiran untuk bunuh diri.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab telinga berdenging beserta cara pencegahannya. Jangan pernah meremehkan penyebab sekecil apapun, karena bisa jadi dampaknya sangat besar bagi kesehatan. Mulai sekarang, cobalah untuk menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat.

Apabila Anda merasakan kondisi telinga berdenging, segera konsultasikan pada kami!

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT