Ini 5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat yang Wajib Anda Tahu!

Salah satu masalah pada telinga yang sangat mengganggu adalah ketika telinga terasa seperti tersumbat. Biasanya, telinga yang tersumbat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kemasukan air, atau berada di tempat dengan tekanan udara yang berbeda. Bahkan, kondisi telinga tersumbat bisa menjadi gejala sebuah penyakit jika tidak ditangani dengan baik.

Telinga yang tersumbat biasanya memunculkan bunyi dengung, terasa nyeri, pusing, telinga terasa penuh, dan gangguan keseimbangan. Gejala tersebut bisa muncul secara perlahan atau bahkan secara mendadak.

Sebelum mempelajari bagaimana langkah-langkah untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. 

Umumnya, telinga yang tersumbat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya kotoran yang menumpuk, mendengar suara terlalu keras, infeksi telinga tengah, penyakit meniere, flu, berada di ketinggian tertentu, ataupun kemasukan benda asing.

Berikut ini adalah 5 cara mengatasi telinga tersumbat yang perlu Anda ketahui.

5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat yang Mengganggu

Umumnya, telinga tersumbat dapat dengan mudah diobati, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, Anda juga perlu waspada, karena beberapa di antaranya hanya bisa diatasi dengan obat-obatan dan perawatan khusus dari dokter.

1. Mengompres Telinga dengan Air Hangat

Salah satu langkah sederhana untuk mengatasi telinga tersumbat adalah mengompresnya dengan air hangat. Hal ini dikarenakan air hangat berguna untuk mengencerkan lendir dan cairan yang telah menumpuk di dalam telinga.

Hasil lain dari pengompresan telinga dengan air hangat adalah agar aliran darah dan suplai oksigen bisa lebih mudah menuju bagian yang sakit. Hal ini akan membuat nyeri di otot telinga lebih mudah teratasi.

Cara-caranya adalah sebagai berikut:

  1. Rendam kain lap yang halus dan bersih dalam air hangat sebanyak 40-50 mililiter. Anda tidak perlu merendamnya terlalu lama, namun pastikan kain sudah basah dengan sempurna.
  2. Angkat kain dari rendaman, lalu diperas.
  3. Kompres daun telinga Anda dalam waktu 5-10 menit.

Mengompres telinga dengan air hangat tidak boleh dilakukan lebih dari 20 menit, dan jangan ditempelkan langsung pada telinga yang sakit terutama jika terlihat bengkak.

2. Konsumsi Obat Dekongestan

Berikutnya, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan yang mengandung dekongestan. Biasanya, obat ini digunakan untuk mengatasi flu dan pilek yang membuat telinga Anda tersumbat. 

Obat ini mampu membantu Anda untuk mengecilkan pembuluh darah di hidung sekaligus mengurangi pembengkakan selaput lendir dan tekanan pada telinga.

Selain untuk membantu meringankan telinga tersumbat, obat yang mengandung dekongestan juga dapat membantu Anda ketika bepergian dengan pesawat. Obat ini dapat mencegah telinga tersumbat, dan Anda dapat meminumnya satu jam sebelum penerbangan dilakukan.

3. Menggunakan Baby Oil atau Minyak Esensial

Salah satu penyebab telinga tersumbat adalah menumpuknya kotoran telinga dan mengeras. Biasanya, Anda akan merasakan telinga gatal dan tersumbat saat kotoran telinga sudah menumpuk. Salah satu solusinya adalah meneteskan minyak khusus untuk membantu mengencerkan kotoran yang mengeras dan menyumbat di telinga.

Minyak yang bisa Anda gunakan misalnya baby oil, minyak esensial, minyak zaitun, maupun gliserin. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Panaskan minyak dalam sendok dan tidak usah terlalu lama.
  2. Pindahkan minyak ke dalam pipet.
  3. Kemudian miringkan kepala Anda, lalu teteskan sedikit minyak ke dalam telinga.
  4. Tahan posisi kepala dan tunggu sekitar 10-15 detik.
  5. Lakukan berulang selama 3-5 hari ke depan agar optimal.

Setelah melakukan selama beberapa hari, telinga Anda akan terasa lebih lega karena kotoran segera terangkat.

Akan tetapi, jika Anda tidak merasakan adanya perubahan baik dan justru terjadi perburukan, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

4. Miringkan Kepala atau Menggunakan Pengering Rambut

Setelah Anda mandi atau berenang, biasanya ada air yang masuk ke dalam telinga hingga membuat telinga Anda tersumbat. Kondisi telinga yang basah dan lembab jika dibiarkan justru akan berbahaya, karena bisa menjadi sarang yang baik bagi pertumbuhan jamur dan bakteri, yang pada akhirnya akan menyebabkan infeksi.

Biasanya, masalah muncul ketika air yang masuk ke dalam telinga tak kunjung keluar. Maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan memiringkan kepala beberapa saat agar air mengalir keluar dari telinga.

Jika tidak berhasil, Anda bisa mencoba untuk berbaring sejenak dengan menggunakan handuk sebagai alas. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama sampai akhirnya air bisa keluar dari telinga Anda.

Namun, jika memiringkan kepala dan berbaring tak kunjung berhasil, Anda bisa menggunakan pengering rambut agar telinga bagian dalam segera mengering.

5. Melakukan Valsalva Maneuver atau Teknik Pasif

Solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan Valsalva Maneuver atau teknik pasif untuk memastikan telinga Anda tidak tersumbat lagi.

Valsalva Maneuver dapat membantu Anda mengatasi telinga yang tersumbat di tuba eustachius yang berada di telinga bagian tengah.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mengunyah permen karet atau minum air putih. Teknik pasif bisa membantu tabung eustachius yang tersumbat agar terbuka, sehingga mengurangi tekanan pada telinga yang tersumbat.

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Lainnya

Cara-cara yang telah disebutkan di atas hanya berlaku jika kondisi telinga Anda masih dalam keadaan baik. Anda pun bisa melakukan tips-tips di atas dengan mudah di rumah.

Tetapi, jika Anda sudah mulai merasakan telinga tersumbat yang semakin parah, jangan ragu untuk segera konsultasikan ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan medis.

Apabila Anda mengalami gejala gangguan pendengaran, segeralah konsultasikan dengan dokter agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah. Atau, Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Bersama Ruang Mendengar, Anda dapat dengan mudah mencari jawaban atas masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi, layanan pendampingan, serta menyajikan informasi terpercaya tentang masalah pendengaran. 

Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT