Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Telinga Gatal

Apakah Anda pernah merasakan telinga gatal dan keinginan untuk menggaruk telinga terus-menerus? Pasalnya, liang telinga gatal dapat terjadi pada siapa saja, tanpa mengenal usia. Lalu apa gejala telinga gatal? Apa penyebabnya? bagaimana untuk mencegah telinga gatal? 

Gejala Telinga Gatal

Telinga yang gatal bisa terasa menjengkelkan dan mengganggu. Telinga gatal juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu sehingga dengan mengetahui penyebabnya maka Anda dapat menemukan penanganan yang tepat. Adapun jika telinga mengalami infeksi, telinga yang gatal dapat disertai dengan gejala berikut: 

  1. Demam
  2. Pembengkakan
  3. Keluarnya cairan dari telinga

Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

Berikut ini merupakan beberapa penyebab telinga menjadi gatal dan cara mengatasinya, diantaranya yaitu:

1. Kotoran Telinga yang Menumpuk

Source: freepik.com

Telinga akan menghasilkan minyak dan kotoran telinga untuk menjaganya tetap bersih dan sehat. Namun jangan biarkan kotoran di telinga menumpuk terlalu banyak, karena hal tersebut menyebabkan telinga menjadi gatal.

Jangan gunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Karena hal tersebut dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam mendekati gendang telinga. Anda bisa menggunakan obat tetes telinga untuk membersihkan kotoran telinga atau berkonsultasi dengan dokter untuk membersihkan kotoran telinga dengan aman.

2. Infeksi Telinga

Telinga yang gatal bisa menjadi gejala jika telinga Anda sedang mengalami infeksi telinga. Virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi telinga biasanya menyerang ketika Anda flu, pilek, radang tenggorokan, serta alergi. 

Selain itu, ada pula jenis kondisi swimmers ear (telinga berair) yang biasanya membuat telinga menjadi lembab akibat adanya sisa air di liang telinga setelah berenang. Kelembaban tersebut membuat kuman atau jamur berkembang lebih mudah.

Dalam hal ini Anda bisa mengatasi telinga gatal jika Anda mengobati infeksi. Beberapa kasus mungkin akan sembuh sendiri, namun Anda juga bisa meminta resep obat tetes telinga dari dokter untuk mengatasinya jika tidak kunjung membaik.  Infeksi lain mungkin memerlukan antibiotik.

3. Alergi Kulit

Source: freepik.com

Alergi kulit menyebabkan kulit dalam telinga Anda menjadi gatal. Beberapa penyebabnya bisa jadi karena produk kecantikan, seperti shampo dan hairspray. Begitu juga dengan produk berbahan nikel, seperti anting. Serta plastik, karet atau logam yang dimasukkan ke dalam telinga, seperti alat bantu dengar, earmold dan earbud, yang menyebabkan ruam atau dermatitis. Beberapa jenis obat tetes telinga pada orang yang sensitif juga dapat menyebabkan iritasi kulit telinga. Segera hentikan pemakaian obat tetes apabila gatal makin hebat atau bahkan disertai nyeri dan keluar cairan.

Untuk mencegahnya, Anda harus mengetahui benda apa yang yang menyebabkan alergi pada diri Anda sebelum menggunakan benda tersebut. Adapun untuk mengatasinya Anda bisa berkonsultasi ke dokter dan dokter akan memberikan obat untuk mengatasi radang dan keluhan telinga gatal untuk mengatasi telinga gatal.

4. Eksim dan Psoriasis 

Kondisi kulit eksim atau psoriasis rentan terhadap liang telinga yang gatal. Kondisi ini dipengaruhi faktor genetik serta faktor reaksi imun. Biasanya terdapat faktor pencetus yang berperan seperti stres psikis ataupun garukan akibat gatal. Untuk mengatasinya, Anda bisa berkonsultasi ke dokter THT dan dokter kulit jika anda juga memiliki keluhan di kulit. Dokter akan memberikan obat sesuai dengan kondisi Anda. 

5. Alergi Makanan

Jika Anda menderita demam atau alergi terhadap serbuk sari dan makanan seperti buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan, hal tersebut dapat menyebabkan telinga gatal.  Kondisi ini dikenal sebagai sindrom alergi oral.

6. Benda Asing dalam Telinga

Source: freepik.com

Jika terdapat benda asing dalam telinga Anda seperti serangga, sisa cotton bud yang tertinggal, dan benda asing lainnya maka kondisi tersebut dapat memicu rasa gatal pada telinga.

Mencegah Telinga Gatal

Dilansir dari healthline, untuk mencegah telinga gatal dan iritasi, hindari membersihkan telinga Anda menggunakan benda-benda seperti:

  1. Bola kapas (cotton balls)
  2. Penyeka kapas (cotton swabs)
  3. Pembersih telinga berbahan besi dan keras
  4. Benda asing lainnya

Cara lain untuk mencegah iritasi di telinga Anda yang mengakibatkan telinga gatal yaitu:

  1. Gunakan perhiasan seperti anting yang tidak menyebabkan alergi
  2. Jika Anda sering berenang, gunakan pelindung telinga agar tidak ada air yang tersisa dan keringkan kelebihan air di liang telinga dengan benar
  3. Bersihkan kotoran telinga yang menumpuk sesuai dengan saran dokter seperti menggunakan obat tetes telinga atau Anda dapat langsung datang ke dokter THT untuk membersihkan kotoran tersebut
  4. Tetap menjaga kebersihan telinga jika Anda menggunakan alat bantu dengar

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab telinga gatal serta cara mengatasinya. Sebaiknya Anda tidak menganggap remeh telinga gatal, karena hal tersebut akan mengganggu kenyamanan aktivitas Anda.

Apapun yang menyebabkan telinga Anda menjadi gatal, tidak disarankan memasukkan benda asing apapun ke telinga Anda untuk mengatasinya. Karena hal tersebut hanya akan merusak telinga bagian dalam Anda, termasuk bagian yang membantu Anda untuk mendengar.

Apabila Anda mengalami gejala gangguan pendengaran seperti tinnitus atau telinga berdenging, keluar cairan atau darah dari liang telinga, ataupun tiba-tiba Anda mengalami tuli mendadak, segera diatasi agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah atau segera konsultasikan pada kami!

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT