Gejala dan Cara Mengatasi Infeksi Telinga pada Bayi

Sebagai orangtua sudah sepatutnya Anda memperhatikan kondisi bayi, mulai dari gerakannya, ekspresinya dan kebiasaannya. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah kondisi bayi Anda baik-baik saja atau tidak. Karena beragam masalah kesehatan bisa terjadi pada bayi Anda, termasuk infeksi telinga pada bayi.

Jika bayi Anda terus menarik-narik telinganya, rewel dan  menangis terus, bahkan berhenti menyusu dan berpaling dari makanannya, bisa jadi telinga bayi Anda sedang sakit. Karena hal tersebut merupakan salah satu tanda bayi terkena infeksi telinga. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai infeksi telinga pada bayi, simak artikel ini sampai habis!

Gejala Infeksi Telinga pada Bayi

Source: istockphoto.com

Dikutip dari WebMd, cepat atau lambat hampir setiap anak pasti mengalami infeksi di telinga tengah, termasuk pada anak berusia 3 sampai 5 tahun. Infeksi telinga pada anak disebut otitis media akut. Sehingga banyak orangtua yang pergi berkonsultasi ke dokter anak untuk mengatasi infeksi telinga anak.

Adapun gejala infeksi telinga pada bayi diantaranya sebagai berikut:

  1. Sering menangis dan tampak gelisah
  2. Tidur tidak nyenyak
  3. Demam, suhu badan mencapai 37,8 ⁰C atau lebih tinggi
  4. Sering menarik satu atau kedua telinga
  5. Keluar cairan dari telinga
  6. Memiliki masalah dengan keseimbangan
  7. Menunjukkan tanda-tanda bahwa pendengaran mereka tidak setajam biasanya

Penyebab Sakit Telinga pada Bayi

Source: istockphoto.com

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan telinga bayi terasa sakit, diantaranya sebagai berikut:

1. Infeksi Telinga

Infeksi telinga pada bayi bisa terjadi akibat menderita sakit tenggorokan atau terinfeksi bakteri maupun kuman yang mencapai telinga tengah. Selain itu, bayi yang sedang pilek dan hidung tersumbat yang tidak tertangani dengan tuntas dapat menyebabkan infeksi telinga.

Jaringan di sekitar gendang telinga dapat meradang dan membengkak serta penumpukan cairan telinga. Kondisi ini menyebabkan telinga bayi menjadi sakit.

2. Disfungsi Tuba Eustachius

Tuba eustachius yang menghubungkan tenggorokan dengan telinga tengah pada bayi jauh lebih kecil dan terlalu miring. Sehingga, cairan sulit mengalir dan mudah tersumbat oleh lendir, maupun penumpukan tekanan yang memicu telinga bayi sakit. Kondisi ini seringkali disebabkan ketika bayi yang pilek maupun terkena infeksi virus lainnya.

3. Infeksi Telinga Bagian Luar

Infeksi telinga bagian luar biasanya terjadi karena aktivitas di air, misalnya berenang dan menyelam. Untuk mengatasi infeksi ini dibutuhkan resep obat antibiotik dari dokter. Infeksi ini tidak umum terjadi pada bayi.

4. Ketika Naik Pesawat

Perubahan besar tekanan udara kabin saat lepas landas atau mendarat seringkali memicu sakit telinga. Untuk mencegah atau meredakannya, susui atau berikan makanan pada bayi Anda. 

Mengatasi Infeksi Telinga pada Bayi

Source: istockphoto.com

Infeksi telinga pada bayi bisa sembuh dengan sendirinya. Biasanya dokter akan melihat gejalanya terlebih dahulu, apakah membutuhkan resep antibiotik atau tidak. Tanyakan pada dokter jika Anda ingin memberikan penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti obat saline atau semprotan, untuk mengurangi ketidaknyamanan dan sumbatan karena flu.

Kapan harus menghubungi dokter?

Anda dapat menghubungi dokter jika bayi Anda mengalami kondisi seperti berikut:

  1. Usia bayi Anda kurang dari 6 bulan dan merasakan gejala infeksi telinga
  2. Gejala tidak hilang setelah 1-2 hari
  3. Bayi demam
  4. Bayi Anda merasa gelisah, rewel dan menangis terus setelah terkena flu
  5. Adanya cairan yang keluar dari telinga
  6. Bayi Anda menolak makan atau minum

Itulah beberapa penjelasan mengenai infeksi telinga pada bayi. Jika bayi Anda merasakan gejala infeksi telinga, segeralah hubungi dokter agar segera diatasi atau konsultasikan saja pada kami!

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran bayi Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT