Gangguan Pendengaran: 9 Tips Berkomunikasi Lebih Baik

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, komunikasi bisa menjadi tantangan. Karena, Anda tidak dapat memahami dengan jelas apa yang orang lain katakan.

Namun terkadang, “alat bantu paling efektif, yaitu perubahan kecil gaya hidup,” kata Rosellen Reif, seorang penasihat di Raleigh, N.C., yang membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Tips Berkomunikasi Lebih Baik

Source: freepik.com

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam berkomunikasi dengan baik, di antaranya yaitu:

  1. Perhatikan orang lain ketika mereka berbicara. Anda bisa melihat wajah dan bibir orang lain ketika mereka berbicara, untuk memahami ekspresi dan bahasa tubuh mereka. Sehingga Anda bisa mengerti konteks pembicaraan yang sedang berlangsung.
  2. Hindari suara bising. Ketika Anda ingin berkomunikasi dengan seseorang, pastikan tidak memilih tempat yang bising atau matikan suara bising seperti TV, radio dan ponsel. 
  3. Meminta seseorang untuk mengulangi ucapan mereka. Gangguan pendengaran seringkali membuat suara yang didengar menjadi tidak jelas. Untuk bisa memahaminya, Anda bisa meminta lawan bicara untuk mengulang perkataan atau menuliskannya. 
  4. Ketahui batasan Anda. Jika pendengaran Anda merasa lelah atau sakit, Anda bisa memberitahu lawan bicara untuk memahami kondisi Anda dalam berkomunikasi.
  5. Beritahu orang lain, apa yang Anda butuhkan. Anda bisa memberitahu orang lain mengenai kemampuan Anda dalam mendengar, sehingga orang lain bisa membantu Anda untuk memahami apa yang dibicarakan dan apa yang Anda butuhkan.
  6. Menggunakan bahasa isyarat atau alat tulis. Jika lawan bicara Anda bisa bahasa isyarat, gunakanlah cara ini untuk memudahkan komunikasi atau Anda juga bisa menggunakan alat tulis sebagai media komunikasi.
  7. Perjelas tentang apa yang Anda butuhkan dari mereka. Anda bisa meminta mereka untuk melihat Anda ketika berbicara dan tidak makan atau merokok. Sehingga Anda bisa melihat gerak bibir mereka dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa memahami pembicaraan.
  8. Temukan kata lain sebagai pengganti kata “apa?”. Saat Anda tidak mendengar perkataan dengan jelas, seringkali Anda mengatakan “apa?” untuk bisa memahaminya. Namun, menurut Angela Nelson, AuD, seorang dokter pendengaran di Burbank, CA., kata “apa?” yang diucapkan berulang kali dinilai sedikit kasar  atau tidak sopan. terlebih bila Anda mengatakannya sedikit keras. Cobalah untuk mengganti kata “apa?” dengan “bagaimana?” atau “maksudnya?”. Karena perbedaan kecil seperti itu membuat seseorang saling memahami dan meredakan ketegangan dalam berkomunikasi.
  9. Gunakan perangkat yang cocok untuk Anda. Seorang ahli audiologi, dokter THT atau spesialis alat bantu dengar bisa membantu Anda menemukan perangkat yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendengar lebih baik.

Itulah beberapa tips komunikasi yang efektif ketika Anda mengalami gangguan pendengaran. Jangan biarkan kondisi tersebut tidak ditangani, karena hal tersebut membuat aktivitas Anda terganggu, stress atau tertekan. Penggunaan alat bantu dengar membuat Anda lebih mudah berkomunikasi dan lebih percaya diri.

Apabila Anda mengalami gejala gangguan pendengaran, segera diatasi agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah atau segera konsultasikan pada kami!

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT