Apa Itu Implan Koklea?

Jika Anda memiliki gangguan pendengaran yang sangat berat, maka bisa jadi dengan implan koklea maka Anda mampu mendengar suara-suara yang sebelumnya tidak dapat Anda dengar. 

Implan koklea bukanlah seperti alat bantu dengar yang membuat suara menjadi lebih keras. Ini adalah sebuah alat kecil yang diletakkan di dalam telinga melalui sebuah proses operasi yang dilakukan oleh tim dokter. Alat ini dapat mengirimkan sinyal listrik langsung ke saraf pendengaran yang terdapat di rumah siput (koklea), yang kemudian akan membawanya menuju otak.

Banyak orang dengan gangguan pendengaran berat sampai sangat berat dapat memahami percakapan atau berkomunikasi melalui telepon yang lebih baik daripada pengguna alat bantu dengar. Alat ini juga dapat membantu Anda mengenali suara-suara disekitar Anda, termasuk suara dering telepon, bel pintu dan alarm. Bahkan mereka juga dapat menikmati suara musik lagi serta memahami percakapan di tempat yang bising jauh lebih baik dibanding ketika mereka menggunakan alat bantu dengar.

Bagaimana Implan Koklea Bekerja?

Source: freepik.com

Dikutip dari WebMd, implan koklea direkomendasikan untuk anak-anak dan orang dewasa yang memiliki gangguan pendengaran sensorineural. Gangguan pendengaran sensorineural adalah kondisi yang memiliki ciri khas kerusakan pada sel-sel rambut yang berada di dalam telinga atau koklea. Sel-sel rambut ini berfungsi untuk mengubah getaran suara menjadi sinyal listrik dan meneruskannya ke otak melalui saraf pendengaran. 

Ketika sel-sel rambut tersebut mengalami kerusakan, maka suara tidak dapat diteruskan menuju saraf pendengaran. Namun dengan implan koklea kerusakan sel-sel rambut tersebut tidak menjadi masalah karena bagian internal implan koklea akan menggantikan fungsi sel-sel rambut untuk mengirimkan sinyal listrik ke saraf pendengaran secara langsung.

Implan koklea memiliki dua bagian. Bagian yang pertama disebut receiver-stimulator, diletakkan di bawah lapisan kulit kepala melalui operasi atau pembedahan. Bagian yang lainnya, disebut speech processor, yang akan dipasang di belakang daun telinga seperti alat bantu dengar. Bagian luar ini sedikit lebih besar dari model alat bantu dengar Behind The Ear (BTE). 

Apa Kelebihan Implan Koklea?

Source: medgadget.com

Banyak perubahan yang akan terjadi ketika Anda memiliki gangguan pendengaran yang sangat berat. Tetapi hasil pemakaian implan koklea pun tidak bisa sama antara satu dan lainnya. Beberapa orang mendapatkan manfaat lebih banyak dibanding pengguna lainnya. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Anda mungkin mampu mendengar percakapan hampir mendekati ambang pendengaran orang
  2. Anda mungkin mampu memahami percakapan tanpa membaca gerak bibir
  3. Lebih mudah untuk berbicara di telepon, menonton televisi hiburan audio dan video
  4. Anda mungkin mampu mendengarkan musik lebih baik dari sebelumnya
  5. Anda dapat menangkap beberapa jenis suara termasuk diantaranya suara yang pelan, menengah atau yang keras.Anda dapat mengontrol atau mengatur kekerasan suara Anda sendiri sehingga orang lain dapat lebih mudah memahami apa yang Anda sampaikan

Apa Kerugian dan Resiko Implan Koklea?

Source: freepik.com

Operasi implan koklea tergolong sangat aman apabila dilakukan oleh tim dokter yang kompeten. Walaupun jarang terdapat beberapa risiko operasi diantaranya, seperti pendarahan, infeksi, serta efek samping dari obat tidur saat operasi. Kemungkinan komplikasi lainnya yaitu:

  1. Cedera saraf yang mengubah indra perasa Anda
  2. Cedera saraf yang menyebabkan kelumpuhan di wajah Anda
  3. Pusing atau gangguan keseimbangan. Ketiga komplikasi tersebut umumnya terjadi sementara, dan fungsi saraf akan kembali setelah 3 bulan sampai paling lama 1 tahun. 
  4. Kehilangan sisa pendengaran 
  5. Tinnitus atau telinga berdenging
  6. Kebocoran cairan di sekitar otak
  7. Meningitis, infeksi selaput di sekitar otak. Komplikasi ini jarang terjadi, namun seseorang dengan keabnormalan anatomi telinga dalam berisiko lebih tinggi. untuk itu sangat penting dilakukan vaksin untuk semua calon pengguna implan koklea yang akan menjalani operasi dengan tujuan untuk menurunkan risiko terjangkitnya penyakit

Setelah implan terpasang alat implan yang ditanam dapat menjadi tidak bekerja dengan baik atau terkena infeksi sehingga harus dikeluarkan dan diganti.

Siapa Saja yang Cocok Menggunakan Implan Koklea dan Bagaimana Prosedurnya?

Source: ekolhospitals.com

Menurut The American Speech-Language-Hearing Association (ASHA), alat implan koklea tepat digunakan untuk orang dewasa yang memiliki: 

  1. Gangguan pendengaran sensorineural di kedua telinga gangguan pendengaran setelah mereka bisa berbicara dan berbahasa
  2. Keterbatasan manfaat dari penggunaan alat bantu dengar – riwayat kesehatan yang bagus atau tidak ada masalah kesehatan yang membahayakan selama proses operasi
  3. Motivasi sangat kuat untuk dapat mendengar lebih baik
  4. Pemahaman yang sangat bagus tentang sejauh mana alat implan koklea dapat membantu mereka

Di beberapa negara maju, anak-anak sudah mendapatkan implan koklea sejak usia 6-12 bulan. Penggunaan implan koklea pada anak sedini mungkin saat terdiagnosa memiliki gangguan pendengaran sensorineural dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan bicara mereka.

Implan koklea akan bekerja sangat baik pada anak-anak yang belum mampu berkomunikasi sebelumnya (pre-lingual), dengan kriteria: 

  1. Memiliki gangguan pendengaran sangat berat di kedua telinga
  2. Mendapatkan sedikit manfaat dari penggunaan alat bantu dengar. Kondisi ini ditandai dengan tidak tercapainya ambang dengar yang ideal untuk belajar berkomunikasi verbal (+ 40 dB) atau tidak berkembangnya kemampuan berbahasa walaupun sudah memakai alat bantu dan terapi wicara rutin
  3. Sehat, tanpa ada riwayat kesehatan yang berisiko tinggi pada saat operasi
  4. Siap mengikuti terapi atau belajar berkomunikasi menggunakan implan koklea
  5. Memiliki dukungan penuh dari orangtua, guru-guru, dan program sekolah yang membantu meningkatkan kemampuan mendengarnya
  6. Berusia dibawah 5 tahun
  7. Berkomitmen mengikuti terapi mendengar dan bicara untuk meningkatkan kemampuan bicara dan bahasanya

Berikan dukungan orangtua, guru dan program sekolah yang membantu mereka dalam mempelajari keterampilan mendengar. Ajak anak untuk bergabung ke dalam terapi wicara intensif dan program untuk mengajarkan keterampilan berbicara.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran sensorineural, implan koklea dapat membantu Anda untuk mengatasi hal tersebut. Para ahli seperti Dokter THT Otologi, audiolog, psikolog, konselor dan ahli patologi bahasa bekerjasama untuk memeriksa Anda, melakukan operasi serta menawarkan perawatan lanjutan.

Source: freepik.com

Ragam tes yang mungkin Anda lalui saat proses kandidasi implan koklea, seperti:

  1. Pemeriksaan telinga bagian luar, tengah dan dalam untuk memeriksa infeksi
  2. Menjalani serangkaian tes pendengaran seperti tes audiometri, timpanometri, Free Field Test dengan dan tanpa alat bantu dengar, BERA dan ASSR
  3. Evaluasi perkembangan bicara dan bahasa
  4. Pemeriksaan dalam rangka persiapan tindakan bedah seperti tes kelainan darah, konsultasi dengan dokter anastesi, foto thorax, CT scan dan MRI
  5. Pemeriksaan fisik dan pemeriksaan psikologis, apakah Anda bisa menangani perubahan yang terjadi setelah menjalankan implan koklea

Itulah beberapa penjelasan mengenai implan koklea. Setelah pembedahan dilakukan, Anda harus mengikuti anjuran dokter untuk perawatan luka paska pembedahan. Dokter akan menganjurkan untuk mengikuti program terapi bahasa dan bicara agar mendapatkan manfaat maksimal dari implan koklea.

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT