Apa Itu Ear Candle? Amankah Penggunaannya?

Kotoran telinga yang jarang dibersihkan bisa menumpuk di telinga dan menyebabkan aktivitas terganggu, bahkan menyebabkan gangguan pendengaran. Namun, saat ini sudah ada metode ear candle yaitu alternatif untuk membersihkan telinga menggunakan lilin khusus.

Metode ear candle dianggap lebih praktis untuk membersihkan atau menghilangkan kotoran telinga. Namun sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang mengkonfirmasi keberhasilan metode ini. Lalu, apakah penggunaan metode ear candle aman?

Banyak orang yang mengatakan jika metode ear candle bisa menghilangkan penumpukan kotoran yang ada di telinga mereka. Bahkan, lilin khusus yang digunakan dalam metode ini bisa membantu perawatan kanker. 

Bagaimana Penggunaan Metode Ear Candle?

Source: 123rf.com

Lilin yang digunakan yaitu kerucut kain berongga yang direndam dalam lilin atau parafin, dengan panjang 10 inci. Lilin tersebut dimasukkan ke dalam piring kertas yang dipotong lubang tengahnya. Hal ini bertujuan agar lelehan bekas lilin tidak jatuh di wajah Anda. 

Setelah itu, Anda berbaring menghadap satu sisi dan lilin ditempatkan di liang telinga Anda, biarkan lilin terbakar selama 15 menit, lalu diulang di telinga lainnya. Ketika sudah selesai, lilin tersebut akan dibelah dan Anda bisa melihat kotoran tersebut terangkat di dalamnya.

Menurut pengakuan orang yang telah menggunakan metode ini, lilin yang menyala menciptakan daya isap tingkat rendah yang mampu menarik kotoran dari telinga.  Panasnya lilin dapat melembutkan kotoran telinga yang keras dan menumpuk. Mereka percaya bahwa metode ear candle bisa membersihkan liang telinga dari kotoran tanpa menyisakannya sedikit pun.

Namun, Bagaimana dengan Faktanya?

Kedengarannya, metode ini adalah cara yang aman untuk menghilangkan kotoran telinga yang menumpuk. Namun pada kenyataannya terdapat bagian telinga, misalnya gendang telinga yang dapat menghalangi proses pengangkatan kotoran telinga dengan metode ear candle.

Kotoran telinga yang keras dan lengket memerlukan penghisapan yang kuat untuk menariknya keluar dari liang telinga. Sementara, suhu yang dihasilkan oleh lilin yang terbakar tidak mampu melunakkan dan menghisap kotoran telinga. 

Kotoran yang terdapat di dalam gulungan lilin bukan kotoran telinga, melainkan sisa pembakaran dari lilin itu sendiri. Setelah dipelajari lebih lanjut, kotoran adalah betul merupakan sisa pembakaran lilin dan kain lapisannya.

Apakah Penggunaan Metode Ear Candle Aman?

Source: freepik.com

Dikutip dari WebMd, metode ear candle merupakan cara yang tidak aman untuk menghilangkan kotoran telinga Anda. Karena dapat menyebabkan wajah Anda berisiko terbakar, karena lilin diletakkan di dekat wajah Anda. 

Yang paling mengkhawatirkan, lelehan lilin yang terbakar dapat menetes ke liang telinga dan menyumbatnya bahkan terdapat laporan yang menyatakan gendang telinga dapat tertusuk sehingga terjadi kerusakan serius yang dapat mengakibatkan gangguan pendengaran sementara bahkan permanen.

Hal ini didukung oleh U.S. Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 2010, menyatakan bahwa mereka belum menemukan bukti ilmiah yang bisa dipercaya mengenai keefektifan metode ear candle. Mereka juga memperingatkan penggunanya untuk berhati-hati terhadap metode ini, karena bisa menyebabkan cedera fisik yang serius bahkan membuat kondisi telinga lebih buruk.

Food and Drug Administration (FDA) pun tidak menyetujui metode ear candle digunakan untuk mengatasi masalah medis apapun.

Lalu bagaimana cara menghilangkan penumpukan kotoran di telinga dengan aman?

Banyak orang yang bingung bagaimana cara menghilangkan kotoran telinga yang sudah terlalu menumpuk, terlebih penggunaan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga sangat berbahaya. Cotton bud hanya akan mendorong kotoran masuk lebih dalam ke telinga Anda.

Untuk menghilangkan kotoran telinga yang menumpuk pun cukup sulit, sehingga Anda harus berhati-hati. Sebaiknya Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter untuk melakukan pembersihan kotoran telinga, biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga atau hidrogen peroksida untuk melunakkan kotoran sehingga kotoran dapat keluar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai metode ear candle. Metode tersebut sangat tidak disarankan, karena memicu masalah pendengaran Anda. 

Apabila Anda merasakan kondisi gangguan pendengaran, segera konsultasikan pada kami!

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT