5 Tips Menyesuaikan Diri Menggunakan Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar membantu Anda untuk mendengar lebih baik. Namun, mendengar menggunakan alat bantu terasa berbeda dengan mendengar secara alami, sehingga dibutuhkan waktu untuk dapat menyesuaikan dan membiasakan diri menggunakannya.

Dilansir dari WebMd, jika Anda baru pertama kali menggunakan alat bantu dengar, ada beberapa tips yang bisa memudahkan Anda dalam membiasakan diri menggunakan alat ini, di antaranya yaitu:

1. Mempelajari Dasar-Dasarnya

Dokter THT atau audiolog yang memberikan alat bantu dengar akan mengajarkan Anda cara menggunakannya, mulai dari cara memasang, melepas, membersihkan serta mengganti baterai alat bantu dengar. Mereka juga akan memberitahu Anda durasi pemakaian alat bantu dengar dalam sehari ketika Anda masih menyesuaikan diri. 

Lakukan yang terbaik dengan mengikuti instruksi dari mereka. Jika Anda memiliki kesulitan atau tidak yakin terhadap apa yang dilakukan, hubungi mereka untuk berkonsultasi dan meminta bantuan.

2. Ketahui Apa yang Normal dan Apa yang Tidak

Ada beberapa hal yang mungkin membuat Anda ingin berhenti menggunakan alat bantu dengar. Hal tersebut sangat wajar, terlebih ketika Anda baru menyesuaikan pemakaian di hari atau minggu pertama. 

Ketahui apa yang normal dan tidak ketika menggunakan alat bantu dengar, misalnya Anda akan merasa:

  1. Alat bantu dengar Anda tidak nyaman. Hal tersebut normal dirasakan, karena mungkin Anda tidak terbiasa menggunakan alat bantu di telinga Anda. Namun, apabila disertai rasa sakit segeralah beritahu audiolog Anda. Audiolog akan menyarankan untuk menggunakannya secara bertahap hingga Anda terbiasa.
  2. Suara Anda terdengar terlalu keras. Kondisi ini disebut efek oklusi. Mungkin Anda masih membutuhkan waktu untuk membiasakan diri menggunakan alat bantu dengar, tetapi jika hal tersebut mengganggu Anda, cobalah bicarakan pada audiolog. Pada alat bantu dengar digital, biasanya audiolog dapat melakukan pengaturan pengurangan efek oklusi melalui komputer yang terhubung dengan software pemrograman alat bantu dengar.
  3. Mendengar suara latar belakang. Pada dasarnya alat bantu dengar bekerja untuk menangkap suara yang ingin Anda dengar bersamaan dengan suara yang tidak ingin Anda dengar. Hal ini sangat normal terjadi, namun Anda juga bisa berkonsultasi dengan audiolog jika suara latar belakang terlalu keras atau mengganggu.
  4. Mendengar suara seperti siulan, alias “feedback”. Kondisi ini biasanya terjadi ketika alat bantu dengar yang Anda gunakan tidak pas atau terdapat kotoran telinga maupun cairan yang menyumbat telinga Anda, sehingga suara yang seharusnya diteruskan masuk ke telinga menjadi terhalang dan terdengar dari luar.
  5. Ada suara denging ketika Anda menggunakan ponsel. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa tetap membawa ponsel ketika Anda menggunakan alat bantu dengar dan pastikan bahwa posisi ponsel tidak terlalu dekat dengan letak mikrofon alat bantu dengar. Audiolog akan menjelaskan kepada Anda bagaimana menggunakan ponsel ketika Anda memakai alat bantu dengar.

3. Lebih Proaktif Dalam Percakapan

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, suara di sekitar Anda akan terdengar berbeda ketika Anda menggunakan alat bantu dengar. Pada awalnya, mungkin Anda merasa sulit untuk mendengar percakapan atau berbicara dengan orang lain. Untuk mengatasinya, Anda bisa berbicara apa adanya kepada lawan bicara untuk memahami kondisi Anda. Jelaskan pada lawan bicara jika Anda perlu menyesuaikan diri dalam berkomunikasi dengan alat bantu dengar. Sehingga lawan bicara Anda mengerti dan dapat bekerja sama dengan Anda dalam berkomunikasi. Sebaiknya lakukan percakapan di tempat yang tidak bising. 

4. Jadwalkan Kunjungan Rutin Dengan Audiolog

Source: freepik.com

Setelah Anda mempelajari cara menggunakan alat bantu dengar, buatlah jadwal kunjungan rutin dengan audiolog untuk membahas atau menyesuaikan diri menggunakan alat bantu dengar, tanyakan pada audiolog kapan waktu untuk bertemu.

Audiolog Anda mungkin akan merekomendasikan kelas rehabilitasi aural, yang merupakan kelas untuk mengatasi berbagai masalah pendengaran termasuk menyesuaikan diri, cara untuk menggunakan perangkat tersebut serta cara berkomunikasi dengan orang lain.

5. Beri Waktu

Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri menggunakan alat bantu ini. Mungkin awalnya akan terasa aneh, suara terdengar sangat keras atau intonasinya terdengar berbeda. Hal tersebut mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman, tetapi cobalah beri waktu untuk penyesuaian. Dengan seiring waktu Anda akan terbiasa menggunakan alat ini.

Itulah 5 tips untuk membantu Anda menyesuaikan diri dalam menggunakan alat bantu dengar. Jangan lupa untuk segera konsultasi pada audiolog jika menemukan permasalahan ketika menggunakan alat bantu dengar Anda.

Apabila Anda mengalami gejala gangguan pendengaran segera diatasi agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah atau segera konsultasikan pada kami!

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT