5 Penyebab Umum Sakit Telinga yang Harus Anda Ketahui

Sakit telinga bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Ada beberapa hal yang menyebabkan sakit pada telinga Anda.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab umum sakit telinga, diantaranya adalah:

Source: istockphoto.com

1. Kotoran Telinga

Dikutip dari WebMd, kotoran telinga yang tidak dibersihkan akan menumpuk dan mengeras, sehingga menyumbat saluran telinga Anda dan menyebabkan rasa sakit. Untuk membersihkan kotoran telinga jangan menggunakan cotton bud atau cotton swab, karena hal tersebut hanya akan mendorong kotoran lebih dalam ke saluran telinga. 

Akibatnya, mungkin telinga Anda akan terasa sakit, gatal dan terinfeksi, bahkan menyebabkan kehilangan pendengaran untuk sementara waktu. Cobalah pergi ke dokter jika kotoran sudah menumpuk dan mengeras. Karena dokter bisa mengeluarkan kotoran tersebut tanpa merusak gendang telinga.

2. Tekanan udara

Source: freepik.com

Perubahan tekanan udara yang sangat cepat seperti saat berada di pesawat atau di lift dan di ketinggian, membuat telinga Anda terasa sakit dan kesulitan mendengar. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah pendengaran ketika berada di pesawat, yaitu:

  1. Mengunyah permen karet, mengisap permen keras, atau menguap dan menelan saat lepas landas dan mendarat
  2. Tetap terjaga saat pesawat turun
  3. Ambil napas dalam-dalam, cubit lubang hidung Anda, lalu coba tiupkan udara keluar dari hidung Anda
  4. Hindari perjalanan udara ketika Anda memiliki pilek, infeksi sinus, atau gejala alergi

3. Swimmers Ear

Swimmers ear atau telinga berair terjadi saat telinga Anda terasa sakit ketika ditarik atau sedikit ditekan seperti menutup telinga, ada kemungkinan Anda mengalami infeksi telinga. Infeksi telinga ini bisa terjadi jika ada air yang berada di dalam liang telinga dan terkontaminasi oleh bakteri. 

Telinga Anda bisa terlihat memerah, bengkak atau gatal dan sedikit bernanah. Untuk menghindari telinga berair seperti ini, keringkan telinga Anda sesegera mungkin setiap Anda selesai berenang atau bahkan keringkan sesekali ketika Anda berenang. 

Jika telinga berair ini menyebabkan infeksi, maka dokter Anda akan meresepkan antibiotik seperti obat tetes telinga untuk menghindari pertumbuhan bakteri di liang telinga.

4. Pilek, Alergi atau Infeksi Sinus

Source: freepik.com

Pilek, alergi atau infeksi sinus dapat menyumbat tabung di telinga tengah. Ketika cairan tersebut menumpuk dan infeksi, maka kondisi ini disebut otitis media. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab paling umum sakit telinga.

Jika kondisi ini disebabkan karena bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik. Jika tidak, maka Anda akan mendapatkan perawatan alergi dekongestan dengan antihistamin dan steroid hidung. Beritahu dokter apabila rasa sakit yang Anda alami tidak membaik. Jika infeksi telinga tengah tidak diobati maka dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

5. Penyebab Lainnya

Anda mungkin merasakan sakit di telinga ketika sakit gigi. Hal tersebut dikarenakan saraf wajah dan leher Anda dekat dengan telinga bagian dalam. Dokter menyebut jenis nyeri yang satu ini dimulai pada satu area yang dapat dirasakan di area lainnya.

Jika Anda merasakan sakit telinga yang disertai dengan sakit tenggorokan yang parah, itu merupakan infeksi seperti tonsilitis atau faringitis. Selain itu, abses gigi, gigi berlubang dan infeksi gigi geraham juga bisa menyebabkan sakit telinga. 

Sendi temporomandibular, atau TMJ, adalah “engsel” rahang Anda yang berada tepat di bawah telinga Anda.  Pada saat menggertakkan gigi Anda mungkin merasakan nyeri TMJ atau bisa juga merupakan gejala artritis.

Rasa sakit di telinga Anda muncul setelah Anda mengunyah, berbicara, atau menguap.  Untuk mengobatinya, minumlah obat penghilang rasa sakit dan kompres hangat pada rahang Anda.  Beberapa penyebab sakit telinga serius lainnya yaitu tumor atau infeksi, termasuk selulitis atau herpes zoster. 

Jika sakit telinga yang Anda rasakan parah dan tidak kunjung sembuh selama perawatan beberapa hari, Anda bisa mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dan mencegah terjadi komplikasi yang serius.

Itulah beberapa penjelasan mengenai sakit telinga. Jika Anda merasakan gejala  sakit telinga segeralah hubungi dokter agar segera diatasi atau konsultasikan saja pada kami!

Bersama Ruang Mendengar, Anda dengan mudah dapat mencari jawaban masalah pendengaran Anda. Ruang Mendengar menyediakan konsultasi gratis baik secara online maupun offline, mendampingi serta menyajikan informasi terpercaya dan terlengkap tentang masalah pendengaran. 

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT